Welcome to SMKN 2 Siatas Barita School's Portal

SEBUAH MOTIVASI (1989-2015) SATU JAM BERSAMA SAHABAT

                                                       SEBUAH MOTIVASI (1989-2015)
                                                       SATU JAM BERSAMA SAHABAT
                                                                  Oleh : Media Sekolah
                Kerja keras dan semangat yang besar merupakan salah satu bentuk usaha yang nantinya akan mempermudah jalan kita dalam meraih kesuksesan. Karena setiap hal yang telah kita lakukan saat kita sungguh sungguh melakukannya niscaya nantinya akan membuahkan hasil. Namun tidak semua orang yang bekerja keras akan memperoleh kesuksesan nya karena diperlukan perjuangan yang tidak mudah dalam meraih apa yang sedang dicita citakan. Maka dari itu semuanya harus kita persiapkan secara matang sejak dini, sehingga nantinya kita dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi dan telah siap untuk menghadapinya. Kata Kuci : “Kerja keras” akan membawa kita ke dalam suasana yang ingin capai terlihat lebih mudah untuk diwujudkan. Tanpa Kerja Keras, Tak ada Prestasi Memuaskan Yang bisa dicapai. Tak ada karya bermutu yang bisa diwujudkan.Keringat yang dihasilkan dari kerja keras kita, akan menjadikan Pribadi yang lebih bersyukur, dan lebih berbahagia. Kerja keras bagaikan air yang menetes.
                 Bagaikan akar yang merambat perlahan. Lama-kelamaan air mampu melubangi batu, akar mampu memecahkan batu. Dalam sejarah hidup orang-orang sukses selalu ada masa-masa dimana hidupnya di penuhi dengan kerja keras. Kerja keras merupakan pondasi awal yang paling utama dalam menopang bangunan kesuksesan yang sedang kita rintis mulai sekarang. Walaupun memang tidak mudah, Semoga dengan membaca sedikit kata kata motivasi kerja keras diatas. Dapat memompa semangat anda untuk selalu berjuang meraih apa yang sedang dicita-citakan salama ini. Di tengah jalan kadang akan muncul rasa putus asa karena apa yang kita lakukan selama ini belum membuahkan hasil. Namun sebenarnya itulah ujiannya tersulit yang harus kita lewati akan semua yang kita inginkan dapat terpenuhi atau tercapai.
Berbicara dengan sahabat tentu banyak hal kajian seperti apa dan bagaimana sahabat itu bisa terjadi. Apalagi setiap perbincangan bernuansa positif menyangkut dengan upaya-upaya yang dapat diambil maknanya kaitannya dengan pendidikan non formal-pendidikan formal dan pendidikan informal. Dicelah kesibukan saya (Gompang Gultom) selaku seorang pers sudah barang tentu selalu memaksimalkan diri dalam melaksanakan tugas kewartawanan, hanya saja tak disengaja kembali berjumpa dengan sahabat lama, yang walaupun dapat dikatakan seolah baru saja berjumpa dengan seseorang.
                  Jeslin Simatupang adalah seorang sosok sahabat yang patut dibanggakan dengan alasan ia adalah seorang yang selalu kreatif dalam bidang tugas-tugasnya sebagai manusia. Apalagi ia adalah sosok seorang guru, yang walaupun berbagai hal dia lalui untuk menuju harapan dan cita-cita yang dia rintis selama kurang lebih 22 Tahun di Tapanuli Utara tercinta ini. Jeslin Simatupang dengan nama panggilan “ Pak Tupang” alias Pak JS. Ia dilahirkan di Kota Barus Tapanuli Tengah 30 Maret 1969, setelah menamatkan pendidikan disalahsatu SPG Balige Kab.Tobasa tahun 1989. Ia pun klak memberanikan diri untuk melanggang buana di Kota Tarutung.
Saat kepemimpinan Bupati Lundu Panjaitan,SH,MA, ia mulai meniti karir sebagai Petugas kebersihan disebuah instansi Dinas Kebersihan Tapanuli Utara. Darisana ia mencoba membuat lamaran ke Bagian Kantor Bupati-Pertahanan Sipil (HANSIP) tepatnya pada tahun 1989, melalui Kamawil Hansip, Letkol IP.Nadapdap melalui salahsatu stafnya Manerep Manalu (Gelar: Mayor Manerep) ketika itu, ia pun diterima menjadi salahsatu bagian dari Pegawai Honorer di Kantor Bupati sebagai Hansip. Darisana ia kembali melaksanakan rutinitasnya sebagai pelatih khusus PBB (Peraturan Baris Berbaris) terhadap para CPNS yang diangkat oleh Pemerintah dilingkungan Tapanuli Utara.
                     Disamping ia sebagai seorang Hansip, ia juga sebagai seorang guru honorer di Yayasan HKI Tarutung Kota sejak pada Tahun 1991 ketika itu kepala Sekolah di SMK Swasta HKI adalah Bapak G.Gultom, BA. Disamping ia bekerja sebagai Hansip Kantor Bupati dan Guru Honorer, Ia pun mendapat tugas tambahan melalui Ir.E.Siahaan Kabag DISBUN (Mantan Wali Kota Pematang Siantar) menjadi Pegawas Kebun Jahe di Sioma-oma perbatasan Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan selama kurang lebih 1 tahun lamanya, bersama dengan 2 orang rekan lainnya anggota Hansip antara lain Pangeran Gultom ( salah seorang Pers) disalahsatu media koran, dan Dompak Gultom semuanya berasal dari Kec.Pangaribuan. Tentu banyak duka dan suka yang dilalui, namun dengan semangat dan kerja keras semua pekerjaan itu dapat dilaksanakan dengan baik.
Dari sana ia kembali ke Tarutung melaksanakan tugas HANSIP sebagaimana biasa. Melalui Bapak Sekda (Drs.Sahala Tampubolon) mantan Bupati Tobasa. Tahun 1992-1995 ia mendapat tugas tambahan menjadi “HANSIP” di rumah kediaman Sekda (Drs.Sahala Tampubolon). Dari sana ia mencoba mengembangkan kreatifitasnya sebagai Hansip dan Guru Honorer pada Yayasan yang sama. Disamping itu ia pun mencoba mengikuti Seleksi untuk mengikuti Perkuliahan S-1 di LPTK-PAK/APGAKPN Tarutung yang sekarang disebut STAKPN Tarutung. Pokus membagi waktu antara Kerja sebagai Hansip dan Guru Honorer dan Kuliah, melalui bimbingan dan motivasi dari Sekda Tapanuli Utara.
                      Puji Tuhan Jika waktu dapat diputar kembali tentu hal ini sesuatu kajian untuk berkarya bukan sekedar kata-kata, niscaya hasilnya pun pasti memuaskan. Tahun 1994 ia mencoba melamar CPNS menjadi seorang guru melalui pelamaran dan seleksi di SMP Negeri 2 Tarutung, sambil berpakaian Hansip dan turut serta ambil bagian untuk membariskan para peserta CPNS, tentu banyak hal yang mungkin saja menjadi sorotan dan ocehan para pelamar dan bahan tertawaan namun hasilnya positif, sebab ia ketika itu melaksanakan tugas HANSIP sekaligus sebagai peserta seleksi. Adapun Nomor Urut Peserta Seleksi yang ia miliki adalah No.K/0022/O/1994. Dengan Identitas lainnya : “Untuk Mengikuti Ujian Penyaringan Guru SD Pengganti yang Pensiun, Meninggal Dunia, Berhenti sebagainya (PB-II) Tahun Anggaran 1993/1994”. Puji Tuhan setelah beliau mengikuti seleksi iti, dari sekian banyak pelamar ia pun berhasil Lulus menjadi Guru CPNS setelah membaca KORAN sebagaimana nomor Ujian diatas Daerah II Tapanuli Utara, dan di tempatkan di salahsatu SD Negeri Lumban Holbung Desa Lobu Hole Kec.Tarutung ( Sekarang Kec.Siatas Barita) dengan Pangkat Golongan II/a, Menjadi guru adalah merupakan pilihan utama disamping ia sebagai seorang HANSIP di Kantor Bupati Tarutung. Tahun 1997 ia berhasil menammatkan Studinya menjadi salahsatu Sarjana (S-1) dan seorang guru SD, darisana ia mencoba untuk menyesuaikan Ijazahnya setingkat dengan Pangkat Golongan III/a.
                 Banyak Perubahan dan peningkatan kualitas pendidikan dan prestasi anak didiknya selama ia mengemban tugas di Desa Lobuhole. Tahun 2002 melalui Bupati Drs.RE.Nainggolan,MM berkunjung ke SD Lobuhole dalam rangka memberikan Hadiah Prestasi untuk siswa dan Guru, saat itu juga beliau memberikan lampu hijau untuk beralih tugas melalui Bapak Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Utara Drs.Mauliate Simorangkir (Sekarang menjadi Wakil Bupati Tapanuli Utara 2015) ia pun mendapat tugas baru menjadi Guru SMK Negeri 2 Siatas Barita. Ia adalah salahsatu guru yang mendapat Penyesuaian Ijazah dari Golongan II/b ke III/a. Tahun 2009 dengan Program Pemerintah Pusat adanya Sertifikasi Guru Tingkat SD/SMP/SMA/SMK Negeri dan Swasta. Mendapat kesempatan untuk peserta Mengikuti Seleksi Sertifikasi Guru melalui Fortofolio dari Lembaga Induk STT Jakarta dan ternyata, menjadi salahsatu Peserta Se-Tapanuli Utara Lulus Murni tanpa pelatihan untuk Tingkat Guru SMA/SMK.
Melalui motivasi dari Pak Sekda Drs.Sanggam Hutagalung,MM ia melanjutkan Pendidikannya di Pasca Sarjana STT Paulus Medan Tahun Akademik 2009/2010 dengan Rekomendasi Izin Belajar dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan Tahun 2012 melalui Judul Tesis tentang “Pengembangan Wisata Rohani Salib Kasih Siatas Barita” dengan Indeks Prestasi “ Cumlaude” bertempat di Hotel Internasional Danau Toba Medan, ia mendapat Judisium yang dihadiri oleh : Dirjen Bimas Kristen Jakarta, Gubernur Sumatera Utara beserta rombongan didalamnya termasuk mewakili tokoh masyarakat Bapak Drs.RE.Nainggolan,MM dan Undangan lainnya. Sungguh hal ini merupakan sejarah buat siapa saja dalam berkarya. Dalam skop peningkatan kualitas pendidikan pasti dibarengi dengan semangat dan kerja keras hal ini seiring dengan majunya perkembangan dari dimensi kehidupan berbangsa dan dan bernegara. Dengan rasa terharu dan bangga, seolah hal ini tidak terjadi segampang membalikkan tangan.
                    Namun disela kesibukan kami (Gompang Gultom-Pers) sebagai wartawan Media Sekolah, bangga atas karya dan tulisan yang sudah banyak mengabdikan dirinya lewat pemberitaan tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia, Tapanuli Utara pada khususnya. Ketika kami berbincang bersama Jeslin Simatupang selama kurang lebih 1 jam di SMK Negeri 2 Siatas Barita-Pansurnapitu pada hari jumat 28 Agustus 2015. Diakhir perbincangan kami, beliau menyikapi Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, sangat medambakan yang namanya perubahan, hanya saja perlu kerja keras hingga perubahan yang kita maksudkan menjadi kenyataan, hal ini berbagai terobosan yang sudah dilakukan Pemerintah Tapanuli Utara melalui “Fit and Proper Test” terhadap masing-masing penomena jabatan-jabatan yang akan diemban oleh pemimpin nantinya. Dengan harapan diantara sekian banyak untuk perubahan itu sendiri. Semoga Tapanuli Utara mengemban serta melaksanakan Visi dan Misi untuk fokus pada kesejahteraan masyarakat melalui terobosan-terobosan baru. Olek karena itu mesti dengan semangat dan kerja keras serta berpikir positiflah setiap permasalahan yang ada pasti ada jalan keluarnya, majulah bangsa indonesia sejahteralah rakyat indonesia. Secara positif perlu mengembangkan prinsip “Saling Percaya” serta menjauhkan diri dari prasangka yang dapat merusak kerja sama. “SALAM PENDIDIKAN”

Share this post :

PAPAN PENGUMUMAN

 
| |
Copyright © 2015. SMK Negeri 2 Siatas Barita - Official Site - All Rights Reserved
Owner by: SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA
Proudly Powered by: GOOGLE